-->

Mendalami dan Memahami Long Exposure Photography


fotografermurahbekasi.com - Mendalami dan Memahami Long Exposure Photography di malam hari adalah salah satu teknik dalam dunia fotografi.

Apa itu Long Exposure Photography (LEP)?
LEP mengacu pada shutter speed yang lama. Shutter speed yang lama merupakan teknik khusus untuk mengambil foto dengan membuka shutter kamera untuk waktu yang lama. Hal ini memungkinkan lebih banyak cahaya memasuki kamera sampai shutter tertutup. Secara teknis, kamera membaca lebih banyak data dari subyek, mengumpulkan detail-detail, dan menciptakan efek yang luar biasa.

LEP sering digunakan pada malam hari, ketika tidak ada banyak pencahayaan alami. Namun, teknik ini juga dapat digunakan pada siang hari untuk memberikan efek lembut seperti air yang mengalir atau awan yang bergerak.

Teknik yang terlibat dalam LEP adalah menggunakan pemandangan yang di dalamnya terdapat dua obyek, satu diam dan lainnya bergerak. Misalnya jalan raya. Ada kendaraan yang bergerak dan benda yang tidak bergerak seperti pohon dan bangunan. Ketika shutter terbuka untuk jangka waktu yang lama, efek seperti jejak cahaya kendaraan akan diciptakan. (sumber:digifotografi)

Dalam pengambilan Long Exposure Photography (LEP) bisa dikatakan mudah dan sukar di jepret sesuai dengan keinginan kita. Mendalami dan memahami long exposure photography sangat membutuhkan konsentrasi dalam mengambilnya. karena dengan bukaan view finder dengan live finder sangat beda.

Dimana saat pengambilan Long Exposure Photography membutuhkan konsentrasi agar hasil foto yang kita dapatkan sesuai dengan keinginan kita. 

Lakukan dengan cara seperti ini :

1. Setting kamera anda dengan bukaan diafragma antara F 8 s/d 13 saat memfoto.
2. Foto yang saya gunakan dengan settingan ISO 100. (sesuai dengan kondisi cahaya sekitar)
3. Atur Shutter Speed antara 8 s/d 30 second.
4. Lalu jepret objek yang ingin anda inginkan.
5. Berikan sedikit Editing di Photoshop atau Lightingroom untuk mempertajam/filter foto.

Mungkin sedikit Tutorial Mendalami dan Memahami Long Exposure Photography.
Salam Jepret.

Jika hidup mu blur, maka putar lah lensa mu ke arah fokus

Click to comment
 
close
---- -----